Selasa, 05 September 2023

Profile GSI

 

Global Science Institute (GSI) Ternate adalah salah satu Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) atau Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) yang didirikan pada tanggal 11 Juni 2001 di Kota Ternate. Pendirinya adalah Abdurrahman Hi. Usman, S.Pd, dan Siti rahia Hi. Umar, S.Ag. dengan status kepemilikan adalah milik pribadi kedua pendiri tersebut di atas (suami istri). Pertama kali didirikan, LKP GSI Ternate menggunakan gedung pinjaman milik Madrasah Aliyah (MA) SP-IAIN yang sudah ditutup sekitar tahun 1997. Lokasinya terletak di jalan Yos Sudarso, sekitar SD Inpres Tanah Tinggi Ternate, Kelurahan Maliaro RT 012/RW 004 Ternate Tengah (masuk gang arah Barat). Dalam kurun waktu kurang lebih 3 tahun beroperasi di gedung MA SP-IAIN, LKP-GSI sudah memiliki gedung sendiri. Pada tanggal 20 Nopember 2003, pemilik GSI membeli rumah bekas kerusuhan yang tidak jauh dari lokasi GSI pada saat itu, malah terletak di pinggir jalan Yos Sudarso, sebelum masuk gang. Rumah tersebut dalam kondisi rusak. Setelah direhabilitasi, gedung GSI resmi dimanfaatkan atau pindah ke alamat yang baru (gedung sendiri) pada tanggal 24 Mei 2004.

Program kursus yang dibuka sejak pertama kali didirikan adalah kursus komputer, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Akuntansi, Matematika, Fisika, dan Kimia. Program kursus yang aktif waktu itu hanya Komputer, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan Matematika. Namun dalam kurang dari 1 tahun, kursus Bahasa Arab dan Matematika tidak lagi berjalan karena kurangnya peminat. Yang hasih berjalan hingga sekarang adalah kursus Komputer dan Bahasa Inggris.

Dari waktu ke waktu, LKP-GSI selalu mengalami kemajuan terutama pada proses pembelajaran yang selalu mengedepankan prinsip pelayanan prima dan menjunjung tinggi nilai akademik dengan standar akademik yang tinggi. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya jumlah peminat yang selalu mengalami peningkatan, terutama kursus komputer. Para alumni GSI sudah tersebar di seluruh wilayah provinsi Maluku Utara, termasuk provinsi lain. Sebagian besar dari alumni telah diserap atau bekerja di berbagai sektor, baik pemerintah maupun swasta. Bahkan untuk Program Komputer Profesional  1 tahun, sebagian mereka dipanggil kerja pada saat melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL) baik oleh instansi tempat PKL maupun oleh intansi lain. Ada juga yang berusaha sendiri dan sukses hingga sekarang. Sebagian dari mereka juga ada yang melanjutkan kuliah di S1 Teknik Informatika dan direkrut menjadi dosen di tempat mereka kuliah.

LKP-GSI Ternate juga tidak ketinggalan melakukan regenerasi dengan merekrut para alumni yang berprestasi untuk mengajar di LKP GSI, termasuk menjadi staf lab komputer dan staf administrasi. Pada tahun 2009, LKP-GSI Ternate membuka cabang di Morotai untuk Program Komputer Profesional 1 tahun atas permintaan PEMDA Pulau Morotai untuk mengakomodir para relawan atau tenaga honorer mereka yang belum terampil. LKP-GSI juga sekarang sudah membuka warung internet (warnet) yang juga berlaku untuk umum.

Legalitas Lembaga

 1.     Nama dan Alamat Lembaga

Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) ini bernama Global Science Institute (GSI) Ternate yang berkedudukan dan ber kantor pusat di Kota Ternate yang terletak di Jalan Yos Sudarso, Samping SD Inpres Tanah Tinggi Ternate, Telp. (0921) 3121848. Adapun status gedung GSI Ternae adalah milik sendiri.

2.     Nama dan Alamat Pemilik

Pemilik LKP-GSI Ternate adalah Abdurrahman Hi. Usman, S.Pd,SH. dengan alamat Jl. Yos Sudarso, Samping SD Inpres Tanah Tinggi Ternate, Telp. (0921) 3121848. (gedung GSI).

3.     Status Hukum Lembaga

LKP-GSI merupakan milik perorangan, namun bernaung di bawah Yayasan Global Nusantara (Akte Notaris Tatiek Nurdjanti), sebagai yayasan pendidikan yang salah satu pendirinya adalah pemilik LKP-GSI Ternate (Abdurrahman Hi. Usman, S.Pd, SH.).

4.     Izin Operasional Pendidkan

LKP-GSI sejak berdirinya tanggal 11 Juni 2001 dan mulai melaksanakan Proses Belajar Mengajar (PBM) pada tanggal 2 Juli 2001, telah mendapat Izin Operasional Pendidikan dari pihak berwenang, yaitu:

§  Izin Operasional diperoleh dari Kantor Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (DEPDIKBUD) Kabupaten Maluku Utara dengan Nomor: 05/I 117.03/MTS/2001 (Karena kesalahan teknis pihak DEPDIKBUD, Izin tidak dapat diserahkan kepada pihak GSI (hilang), sehingga hanya nomor izinnya saja yang diberikan sesuai buku agenda surat;

§  Izin Operasional diperoleh Dinas Pendidikan Nasional Kota Ternate, Nomor: 893.3/636/2002, tanggal 14 Maret 2002;

§  Izin Operasional (Perpanjangan) diperoleh Dinas Pendidikan Nasional Kota Ternate, Nomor: 893.3/843/2003, tanggal 1 April 2003;

§  Izin Operasional (Perpanjangan) diperoleh Dinas Pendidikan Nasional Kota Ternate, Nomor: 893.3/843/2004, tanggal 3 April 2004;

§  Izin Operasional (Perpanjangan) diperoleh Dinas Pendidikan Nasional Kota Ternate, Nomor: Nomor:420.9 /843/2005.

§  Izin Operasional (Perpanjangan) diperoleh Dinas Pendidikan Nasional Kota Ternate, Nomor: Nomor: 420.9/490/2007

§  Izin Operasional diperoleh Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Ternate, Nomor: 560/749/V1/2008

§  Izin Operasional (Perpanjangan) diperoleh Dinas Pendidikan Nasional Kota Ternate, Nomor: Nomor: 420.7/550/2009

§  Izin Operasional diperoleh Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Ternate, Nomor: 560/49/I/2010

VISI, MISI, TUJUAN DAN STRATEGI GSI

 VISI, MISI, TUJUAN DAN STRATEGI GSI

 A.    Visi

Menjadi Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) atau Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) yang maju, kompeten, profesional, mandiri, dan terkemuka di provinsi maluku utara serta mampu bersaing di era global dengan mutu lulusan yang tinggi dan kompetitif.

 B.     Misi

  1. Mencerdaskan masyarakat dan bangsa Indonesia dengan menyelenggarakan kursus dan pelatihan di bidang komputer dan bangsa Inggris secara profesional, mandiri, berkelanjutan dan berkesinambungan
  2. Menyiapkan tenaga kerja dan/atau calon tenaga kerja yang berkualitas, terampil, mandiri, beriman, bertakwa, berkepribadian, memiliki kinerja yang tinggi, mampu bersaing di era global, dan profesional serta tanggap terhadap perubahan zaman
  3. Memberikan penyadaran kepada masyarakat akan pentingnya pendidikan dan keterampilan dengan memberikan penyuluhan, pelatihan, dan pengembangan kompetensi kepada masyarakat di berbagai kalangan 

C.    Tujuan

  1. .       Tujuan Umum:

§  Untuk membantu pemerintah mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia dan masyarakat Maluku Utara pada khsusunya sesuai dengan tujuan pendidikan nasional;

§  Untuk memperkenalkan hasil kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi moderen kepada masyarakat dalam bidang teknologi informatika dan komputer;

§  Menciptakan tenaga kerja yang terampil dan profesional di bidang informatika dan komputer serta mempunyai etos kerja yang tinggi dan mampu bersaing di era global.

 2.Tjuan Khusus:

§  Merancang kurikulum pendidikan kecakapan hidup sesuai dengan kebutuhan pembangunan dan lapangan kerja;

§  Melaksanakan kegiatan pendidikan kecakapan hidup (life-skill) melalui lembaga pendidikan non formal (LKP-GSI) sesuai dengan kebutuhan masyarakat;

§  Mengadakan evaluasi pengajaran sesuai dengan tingkat dan jenis kompetensi yang dimiliki oleh perserta didik;

§  Menyalurkan lulusan yang profesional dan mampu berkompetisi sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing di dunia kerja maupun dunia usaha;

§  Mengadakan penyuluhan-penyuluhan pendidikan kepada masyarakat yang membutuhkan;

§  Memberikan pelayanan pendidikan berupa konsultasi pendidikan secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkannya;

§  Memberikan bantuan pendidikan dan pelatihan gratis kepada masyarakat ekonomi lemah (miskin) dan  anak yatim piatu yang sangat membutuhkan untuk membantu mereka menjadi negara dan warga masyarakat yang mandiri;

§  Memberikan beasiswa kepada anak sekolah yang berasal dari keluarga ekonomi lemah (miskin) dan  anak yatim piatu yang sangat membutuhkan bantuan pendidikan untuk masa depan mereka, khususnya bagi yang berprestasi. 

D.    Strategi

Untuk mewujudkan visi dan misi GSI tersebut di atas, akan ditempuh berbagai macam cara dan strategi berikut ini:

  1. Mengefektifkan seluruh komponen dalam LKP-GSI;
  2. Menyiapkan dan melengkapi sarana dan prasarana serta fasilitas pendukung yang dapat mengakselarasi proses pencapaian tujuan GSI;
  3. Menyiapkan berbagai perangkat yang dapat memberikan stimulus kepada seluruh siswa untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar berupa pemberian beasiswa bagi yang berprestasi sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan;
  4. Menyiapkan berbagai perangkat yang dapat memberikan stimulus kepada seluruh instruktur dan pegawai untuk meningkatkan kinerja mereka berupa pemberian reward and punishment;
  5. Meningkatkan kualitas manajemen lembaga dengan membagi habis seluruh tugas dan wewenang bagi setiap unit lembaga GSI dan melakukan pelatihan-pelatihan manajemen bagi seluruh instruktur dan pegawai GSI;
  6. Melakukan penyuluhan pendidikan kepada masyarakat yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan wawasan yang masih rendah
  7. Melakukan monitoring dan evaluasi kepada seluruh instruktur dan pegawai termasuk siswa untuk mengambil langkah antisipatif dan preventif demi pengembangan lembaga.

Struktur GSI



URAIN TUGAS

 URAIAN TUGAS

 1.    Direktur:

a)      Bertanggung jawab atas penyelenggaraan semua kegiatan dan progam pada LKP GSI Ternate;

b)      Memimpin secara langsung jalannya kegiatan pembelajaran, kegiatan administrasi, keuangan, maupun kegiatan langsung yang dijalankan oleh LKP-GSI;

c)      Memberikan pembinaan secara akademik terhadap seluruh instruktur, staf lab komputer, dan tenaga/staf administrasi;

d)     Mengarahkan secara langsung para kepala bagian dalam proses belajar mengajar dan proses administrasi lembaga;

e)      Memperhatikan kesejahteraan para instruktur dan tenaga administrasi;

f)       Mengambil keputusan dan kebijakan, baik dalam rapat/sidang penting, dan rapat darurat, maupun di luar rapat demi kepentingan lembaga;

g)      Memberikan teguran dan sanksi secara langsung maupun tidak langsung kepada para instruktur, kepala bagian dan staf administrasi bila terjadi pelanggaran, ketimpangan atau kekeliruan dalam proses belajar mengajar maupun proses administrasi;

h)      Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kinerja seluruh pimpinan di bawahnya, staf, dan kepada seluruh warga belajar;

i)        Mencarikan solusi atas semua permasalahan yang muncul demi pengembangan lembaga ke depan.

2.    Kepala Bagian Pendidiakn Komputer:

a)      Mendatakan semua siswa Program Komputer secara lengkap, rapi dan tertib;

b)      Membuat Program Tahunan dan kalender akademik baik untuk Program Komputer Paket Bulanan maupun Program Komputer Profesional 1 Tahun untuk kemudian diperiksa dan dievaluasi oleh Direktur;

c)      Menetapkan dan membuat jadwal pembelajaran baik untuk Program Komputer Paket Bulanan maupun Program Komputer Profesional 1 Tahun;

d)     Memimpin dan memantau secara langsung pelaksanaan kegiatan pembelajaran komputer;

e)      Melakukan inovasi dan pembaharuan terhadap kurikulum dan silabus kusrus komputer pada LKP-GSI Ternate;

f)       Menerima dan meneliti seluruh Rancangan Program Pembelajaran (RPP) yang dibuat dan dikumpulkan oleh para instruktur komputer, termasuk mengadakan perbaikan bila diperlukan;

g)      Mengawasi instruktur komputer secara langsung proses pembelajaran komputer di LKP-GSI Ternate, baik Program Komputer Paket Bulanan maupun Program Komputer Profesional 1 Tahun;

h)      Memimpin dan memantau secara langsung pelaksanaan Ujian komputer, baik untuk Program Komputer Paket Bulanan maupun Program Komputer Profesional 1 Tahun;

i)        Melaksanakan dan menegakkan tata tertib instruktur komputer pada LKP-GSI Ternate

j)        Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap seluruh kegiatan pembelajaran komputer di LKP-GSI Ternate;

k)      Mencari solusi atas semua problem yang berhubungan dengan kegiatan pembelajaran komputer di LKP-GSI Ternate;

l)        Mewakili Direktur untuk melaksanaan tugas-tugas tertentu baik ke dalam maupun ke luar.

m)    Mengadakan evaluasi secara langsung terhadap proses belajar mengajar Program Komputer Profesional 1 Tahun;

n)      Melaporkan seluruh kegiatan pembelajaran Komputer kepada Direktur.

3.    Kepala Bagian Pendidiakan Bahasa Inggris:

a)      Mendatakan semua siswa Program Bahasa Inggris secara lengkap, rapi dan tertib;

b)      Membuat Program Tahunan dan kalender akademik untuk program kursus bahasa Inggris;

c)      Menetapkan dan membuat jadwal pembelajaran baik untuk program kursus bahasa Inggris;

d)     Memimpin dan memantau secara langsung pelaksanaan kegiatan pembelajaran bahasa Inggris;

e)      Melakukan inovasi dan pembaharuan terhadap kurikulum dan silabus kusrus bahasa Inggris pada LKP-GSI Ternate;

f)       Menerima dan meneliti seluruh Rancangan Program Pembelajaran (RPP) yang dibuat dan dikumpulkan oleh para instruktur bahasa Inggris, termasuk mengadakan perbaikan bila diperlukan;

g)      Mengawasi instruktur komputer secara langsung proses pembelajaran bahasa Inggris di LKP-GSI;

h)      Memimpin dan memantau secara langsung pelaksanaan Ujian bahasa Inggris;

i)        Melaksanakan dan menegakkan tata tertib instruktur bahasa Inggris pada LKP-GSI Ternate;

j)        Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap seluruh kegiatan pembelajaran bahasa Inggris di LKP-GSI Ternate;

k)      Mencari solusi atas semua problem yang berhubungan dengan kegiatan pembelajaran bahasa Inggris di LKP-GSI Ternate;

l)        Mewakili Direktur untuk melaksanaan tugas-tugas tertentu baik ke dalam maupun ke luar.

m)    Mengadakan evaluasi secara langsung terhadap proses belajar mengajar bahasa Inggris;

n)      Melaporkan seluruh kegiatan pembelajaran bahasa Inggris kepada Direktur.

 

4.    Kepala Bagian Administrasi dan Keuangan:

a)      Memimpin dan menjalankan secara langsung semua kegiatan administrasi, baik akademik, administrasi umum, administrasi kepegawaian,  administrasi keuangan, maupun administrasi kesiswaan;

b)      Menerima dan melayani siswa baru dengan baik, serta mengadminisntrasikan mereka dalam database GSI hingga siswa tersebut menyelesaikan studinya pada LKP-GSI;

c)      Bersama-sama staf penyelenggara lain menyeleksai calon warga belajar/siswa;

d)     Mendatakan dan memimpin secara langsung seluruh kegiatan administrasi umum, administrasi kepegawaian,  administrasi keuangan, maupun administrasi kesiswaan;

e)      Melaksanakan dan menegakkan tata tertib pegawai/staf administrasi pada LKP-GSI Ternate;

f)       Membuat laporan keadaan LKP-GSI setiap saat untuk disampaikan kepada Direktur dan pihak pemerintah atau pihak-pihak lain yang membutuhkan;

g)      Membuat laporan bulanan, triwulan, semesteran, maupun tahunan tentang keadaan LKP-GSI setiap saat untuk disampaikan kepada SDirektur dan pihak pemerintah atau pihak-pihak lain yang membutuhkan;

h)      Membuat laporan keuangan LKP-GSI untuk disampaikan kepada Direktur dan Yayasan maupun pihak lain yang membutuhkan;

i)        Membuat laporan pengunaan dana dan seluruh kegiatan proyek pelatihan milik pemerintah untuk disampaikan kepada Direktur, Yayasan, dan Pemerintah, termasuk pihak lain yang membutuhkan;

j)        Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap seluruh kegiatan administrasi LKP-GSI Ternate;

k)      Mencari solusi atas semua masalah administrasi LKP-GSI Ternate

l)        Mempertanggungjawabkan seluruh kegiatan administrasi LKP-GSI kepada Direktur.

5.    Kepala Lab dan Teknisi Komputer:

a)      Mendatakan semua fasilitas lab komputer dan mengidentifikasi kelayakan komputer, termasuk jenis kerusakan alat;

b)      Memantau dan mengatur secara langsung kegiatan praktik komputer seluruh siswa/warga belajar;

c)      Memimpin dan bersama-sama staf lab dalam memberikan praktik kepada siswa secara maksimal;

d)     Bersama-sama staf memberikan praktik komputer kepada seluruh siswa/warga belajar secara maksimal dengan prinsip pelayanan prima;

e)      Memperbaiki komputer dan alat-alat lain dalam lab yang rusak;

f)       Menerima saran, kritikan, dan masukan lain yang disampaikan oleh siswa/warga belajar untuk disampaikan kepada staf lab, termasuk kepada Direktur;

g)      Mengawasi jalannya kegiatan praktik komputer;

h)      Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap seluruh kegiatan praktik komputer;

i)        Mencari solusi atas semua masalah yang berhubungan dengan lab komputer dan kegiatan praktik komputer;

j)        Membuat laporan kegiatan dan laporan keadaan barang yang merupakan fasilitas lab komputer untuk disampaikan kepada Direktur.

 

 

6.    Staf Administrasi:

Membantu Kabag. Administrasi dan Keuangan dalam mengerjakan kegiatan administrasi umum, administrasi kesiswaan, dan administrasi keuangan yang meliputi:

a)      Menyiapkan brosur dan formulir kepada calon siswa atau baru;

b)      Memberikan informasi secara lengkap dan sistematis seputar kursus dan persyaratan serta prosedur pendaftaran, proses pembelajaran, dan sistem ujian untuk semua jenis kursus pada LKP-GSI Ternate kursus kepada setiap tamu, pengunjung, atau para calon siswa baru dengan mengedepankan senyum, tegur-sapa, dan keramah-tamahan;

c)      Menerima siswa baru untuk semua jenis program;

d)     Mendatakan siswa baru ke dalam database, buku induk, buku pembayaran, dan buku alumni;

e)      Membantu Kabag. Administrasi dan Keuangan dalam membuat laporan keuangan dan administrasi lainnya yang berhubungan dengan kegiatan administrasi akademik, administrasi umum, administrasi kepegawaian,  administrasi keuangan, dan administrasi kesiswaan;

f)       Melaporkan hasil kerjanya kepada Kabag. Administrasi dan Keuangan untuk diteruskan kepada Direktur.

 

7.    Staf Lab dan Teknisi Komputer

1)      Membantu Kepala Lab dan Teknisi Komputer dalam memberikan praktik komputer dan menjahit kepada para siswa;

2)      Mengarahkan para siswa dalam praktik komputer;

3)      Melatih para siswa dalam melakukan praktik komputer;

4)      Melaporkan hasil kegiatan praktik komputer kepada Kepala Lab dan Teknisi Komputer untuk disampaikan kepada Direktur.

 8.    Office Boy/Girl:

1)      Membersihkan seluruh ruangan pada lingkungan LKP-GSI Ternate yang meliputi: ruang belajar/kelas, lab komputer, ruang administrasi.kantor, ruang bebas/lobi, teras, dan halaman;

2)      Merapikan seluruh ruangan yang tidak tertata dengan rapi;

3)      Memelihara seluruh infentaris LKP-GSI;

4)      Bertanggung jawab kepada Kabag. Administrasi & Keuangan secara langsung, termasuk kepada Direktur.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pendaftaran

  Formulir Pendaftaran Siswa Baru Untuk Mendaftar Klik Link Di bawah Ini PROGRAM STUDI 1.Teknik Jaringan dan Komunikasi 2. Manajemen Informa...